Logo
images

Ketua STHM Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

Ketua STHM Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

Jakarta, sthmahmpthm.ac.id  Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer (Ketua STHM) Ditkumad Kolonel Chk (K) Dr. Tetty Melina, S.H., M.H. memimpin upacara memperingati Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2019. Kegiatan ini diikuti seluruh personel baik militer maupun PNS TNI STHM Ditkumad dan Perwira Mahasiswa (Pamasis) STHM Ditkumad yang bertempat di lapangan upacara STHM Ditkumad, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (01/06)

Dalam amanat Plt. Kepala Badan Pembinaan  Ideologi  Pancasila Prof Hariyono yang dibacakan oleh  Ketua STHM Ditkumad Kolonel Chk (K) Dr. Tetty Melina, S.H., M.H. menyampaikan bahwa Pancasila sebagai  dasar  Negara,  ideologi  negara  dan pandangan  hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang  tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan  nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong  keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi  identitas nasional  dalam  wadah  dan  slogan  "Bhinneka  Tunggal Ika".

“Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan  "Piagam  Jakarta"  oleh "panitia  kecil"  tanggal  22 Juni dan pengesahan  Pancasila dalam  Pembukaan UUD  1945 oleh  Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia  (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi 3 peristiwa  penting  tersebut  merupakan  satu  kesatuan  yang  tidak terpisahkan. Kedua,  dengan merayakan  hari  kelahiran  Pancasila  kita  bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong  kehidupan berbangsa dan bernegara yang  lebih  baik.  Pancasila sebagai  "leitstars dinamis",  bintang penuntun  mengandung  visi  dan  misi  negara yang  memberikan  orientasi, arah  perjuangan  dan  pembangunan   bangsa  ke  depan.  Sebagai  energi positif bangsa,  Pancasila  terus memberikan  harapan untuk masa depan, khususnya  dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.” tuturnya.

Diakhir amanatnya Plt Kepala BPIP mengajak agar peringatan  hari  kelahiran  Pancasila ini, perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa  dan  bernegara.  Kita  semua  harus terus menerus   secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara,  ideologi  Negara dan  pandangan  dunia  yang dapat  membawa kemajuan  dan  kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan  tatanan  kehidupan  masyarakat  yang   rukun,   damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.


TAG