Logo
images

Ketua STHM Ditkumad bertindak selaku inspektur upacara Hari kebangkitan Nasional ke 91 bertempat di Lapangan Upacara STHM Ditkumad

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 91 BERSATU KITA MAJU

Jakarta, sthmahmpthm.ac.id - Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan ikrar Sumpah Pemuda, bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayor Chk Alex Panjaitan, S.T., S.H. Kasi Dimasy Bag Dimasy STHM Ditkumad. Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini untuk menegaskan kembali tentang komitmen yang telah dibangun  oleh   para  pemuda  yang  diikrarkan  pada  tahun   1928   dalarn Surnpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Demikian sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republilk Indonesia Zainudin Amali yang dibacakan oleh  Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer (Ketua STHM) Ditkumad Kolonel Chk (K) Dr. Tetty Melina, S.H., M.H. yang bertindak selaku inspektur upacara memimpin jalannya upacara Hari kebangkitan Nasional ke 91 bertempat di Lapangan Upacara STHM Ditkumad Jakarta, senin (28/10).

Dalam sambutannya menpora menambahkan, bahwa Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja,  pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur,  santun,  bertanggung jawab,  disiplin, kerja keras, kerja   cerdas,   kerja   ikhlas,   dan   tuntas.    Pemuda  juga  harus  memiliki kapasitas intelektual  dan  skill kepemimpinan,  kewirausahaan,  dan kepeloporan  yang  mumpuni,  serta  pemuda  harus  memiliki inovasi  agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Melalui canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun  tentunya dalam  hal yang  posistif.  Pemuda  adalah  masa  depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan  bagi dunia,  pemuda Indonesia harus maju  dan berani menaklukan  dunia,  saya  berharap  kedepan  akan  banyak  muncul  tokoh-tokoh muda yang mendunia, imbuh Zainudin.

Lebih lanjut menpora menegaskan, Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu  hanya  dipandang sekedar sebagai proses  lanjut  dari masa kini   yang  akan  tiba  dengan  sendirinya. Kalau  pemuda generasi  terdahulu  mampu keluar dari jebakan  sikap-sikap primordial suku,  agama,  ras dan kultur,  menuju  persatuan  dan kesatuan bangsa,  maka  tugas  pemuda  saat  ini  adalah  harus  sanggup membuka pandangan ke  luar  batas-batas  tembok kekinian  dunia,  demi  menyongsong masa depan dunia yang lebih  baik. 

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia".

Diakhir amanatnya Menteri Zainudin mengucapkan,  SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA  KE-91. Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi  mengangkat  bangsa  dan  tanah  air  tercinta  di kancah dunia.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda  ini dihadiri oleh Seluruh Organik STHM Ditkumad dan Mahasiswa STHM XXV berlangsung dengan khidmat dan lancar.