Logo
images

Pertemuan Dosen Pengampu Mata Kuliah Sekolah Tinggi Hukum Militer TA 2017

Pertemuan Dosen Pengampu Mata Kuliah Sekolah Tinggi Hukum Militer TA 2017

Jakarta, www.sthmahmpthm.ac.id – Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer (Tua STHM) “AHM-PTHM” Ditkumad Kolonel Chk Atto Salurapa, S.H, M.H., membuka pertemuan Dosen Pengampu Mata Kuliah Sekolah Tinggi Hukum Militer TA 2017, bertempat di Aula STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Jl. Matraman Raya No. 126 Jakarta Timur, Selasa (26/9).

Pada kesempatan yang berbahagia ini, Tua STHM mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta pertemuan dosen pengampu mata kuliah Sekolah Tinggi Hukum Militer yang telah menyempatkan waktunya untuk bisa bersama-sama membahas perkembangan ilmu pendidikan. Dalam hal ini untuk menyusun, menyelenggarakan dan mengevaluasi kurikulum pendidikan yang berada di Sekolah Tinggi Hukum Militer.

Dimana menurut Tua STHM, bahwa standar kompetisi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. Kemudian kualifikasi sikap, pengetahuan dan keterampilan tersebut diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan pembelajaran.

Adapun tuntutan standarisasi nasional pendidikan tinggi tersebut harus disikapi dengan penyempurnaan dokumen-dokumen operasional pendidikan mulai dari kurikulum sampai anggaran, agar pendidikan di STHM dapat berjalan dengan seimbang antara SDM dengan administrasi yang berbasis komputerisasi dan produk-produk yang disusun sesuai dengan standar TNI AD yang selaras dengan aturan yang berlaku di lingkungan Kemenristek Dikti sehingga akreditasi STHM dapat meningkat dari nilai 311 dengan akreditasi “B” menjadi akreditasi  “A”.

Selanjutnya Tua STHM menyampaikan harapan kepada semua peserta pertemuan ini, masing-masing dapat berperan aktif dan memberikan saran, masukan dan pendapat demi kesempurnaan penyelenggaraan dan operasional pendidikan di STHM pada masa yang akan datang.

Kemudian setelah pertemuan dosen pengampu mata kuliah Sekolah Tinggi Hukum Militer dilaksanakan, Tua STHM menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta atas partisipasi aktif dan sumbangan pemikiran yang telah diberikan dalam pertemuan dosen pengampu mata kuliah tentang penyelarasan kurikulum pendidikan kali ini. Hal ini mencerminkan tingginya tanggung jawab, komitmen dan kepedulian para peserta sekalian terhadap upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan operasional pendidikan di STHM serta untuk memajukan kualitas  hasil capaian pendidikan di masa yang akan datang. “Kebersamaan seperti ini  hendaknya tetap kita bangun dan kita kembangkan untuk menciptakan sinergitas positip dalam melakukan komunikasi aktif antara para dosen dan asisten dosen dengan para ketua tim dosen”, “Ucap Tua STHM”

Dari keseluruhan kegiatan tersebut, akhirnya kita dapat melihat korelasi dan keterkaitan antara mata pelajaran yang satu dengan yang lain sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan, yaitu menyiapkan Pamasis agar memiliki kemampuan berpikir teoritis, filosofis, metodelogis dan teknis  dalam bidang hukum militer serta mampu bersikap dan berperilaku sebagai prajurit yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, serta memiliki kondisi jasmani yang samapta.

Dengan adanya keterkaitan antara mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya tersebut maka perlu dijalin hubungan yang saling mengisi, saling terkait, saling membutuhkan dan perlu pula dijalin komunikasi aktif antara dosen dan asisten dosen dengan para ketua tim dosen. Mengingat bahwa betapa pentingnya komunikasi aktif diantara kita, guna mengkomunikasikan semua permasalahan yang timbul dan mencarikan jalan keluar atau solusi yang terbaik serta penyelesaian permasalahan tersebut secara tuntas, “Tutup Tua STHM”

Turut hadir dalam pertemuan ini antara lain: Guru Besar, Para Dosen, Para Asisten Dosen, Para Pejabat Golongan IV STHM "AHM-PTHM" Ditkumad, Para Perwira STHM "AHM-PTHM" Ditkumad, dan Perwakilan para Pamasis STHM “AHM-PTHM” Ditkumad. (Pamasis XXII/STHM “AHM-PTHM”)


TAG

Dipost Oleh TimAdminSTHM

Pamasis STHM XXII