Logo
images

Kegiatan Reuni ke 2 Akademi Hukum Militer Angkatan XIII Tahun 2019

Reuni ke 2 Akademi Hukum Militer Angkatan XIII Tahun 2019

Surabaya, www.sthmahmpthm.ac.id – Jakarta, Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer (Tua STHM), dalam hal ini diwakili oleh Kolonel Chk Aziz Suharto, S.H., M.H. menghadiri undangan dan sekaligus memberikan sambutan pada acara Reuni Alumni Akademi Hukum Militer Angkatan XIII, yang diselenggarakan di Hotel Sahid Surabaya pada tanggal 7 dan 8 September 2019.

Suatu Perguruan Tinggi juga mempunyai tanggung jawab untuk  membina alumni, dalam hal ini di STHM menjadi tugas  Pembantu Ketua III/Bidang Mahasiswa. Alumni  suatu perguruan tinggi sesungguhnya mempunyai peran yang sangat penting dalam kemajuan dan peningkatan kualitas lulusan suatu perguruan tinggi. Oleh sebab itu pembinaan alumni perguruan tinggi penting untuk dilakukan oleh Perguruan tinggi yang bersangkutan. Ketua STHM dalam sambutannya ketika menghadiri Reuni Alumni Akademi Hukum Militer XIII mengemukakan, beberapa hal: 

Kali ini saya merasa terhormat dan bangga dapat bertatap muka dan bersilaturahmi dengan para alumni AHM XIII, dimana para alumninya berhasil mencapai tingkat yang sangat membanggakan baik dalam karier kemiliteran maupun pengabdiannya di tingkat kenegaraan bidang penegakan hukum.  Hal ini beralasan karena yang saya ketahui bahwa para alumni AHM XIII ini adalah mayoritas berasal dari Bintara dan hampir seluruhnya dapat meraih golongan Perwira bahkan banyak yang dapat meraih pangkat Kolonel serta beberapa alumninya dapat berkiprah di Lembaga Negara/Pemerintahan.

Kebersamaan seperti ini perlu kita pelihara, karena dengan  kebersamaan  dan   kekompakan, kita mampu mewujudkan persatuan diantara para alumni dan almamater sebagai ikatan kesatuan yang kokoh dan kuat. Acara reuni seperti ini selain dapat mempererat tali silaturahmi antara sesama alumni, juga dapat menjadi sarana yang efektif untuk saling bertukar informasi dan pengalaman sehingga dapat melanjutkan dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan dan motivasi bagi para Pamasis yang sedang melaksanakan tugas pendidikan di Sekolah Tinggi Hukum Militer yang kelak pada masanya mereka akan menjadi generasi penerus dalam memajukan dan mengembangkan hukum militer baik di lingkungan TNI maupun Nasional.  Hal ini perlu dilakukan karena setiap generasi memiliki tantangan yang  berbeda  sesuai  dengan  situasi dan perkembangan jaman yang dihadapi.

Saya berharap kepada para alumni AHM XIII ini, meskipun saat sudah pada purna tugas dalam dinas kemiliteran,  namun demikian dalam bidang pengabdian tidak ada istilah   “purna pengabdian”,   oleh  karena  itu teruslah mengabdi melalui jalur apa saja yang paling penting bentuk pengabdian yang kita berikan dapat berguna dan dirasakan manfaatnya oleh orang lain, masyarakat maupun lembaga syukur-syukur dapat juga menambah income tambahan untuk keluarga. 

Akademi Hukum Militer XIII yang menjalani pendidikan di AHM-PTHM Tahun 1985 sampai Tahun 1988, para Perwira Mahasiswanya terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Kepolisian RI, dan Kejaksaan RI. Pada Acara  Reuni AHM XIII tersebut selain Ketua STHM,  ikut hadir sebagai Undangan Komandan Satuan AHM XIII Mayjen TNI (Purn) (ketika tahun 1985 beliau berpangkat Kapten Chk) Dr. Heru Cahyono, S.H., M.H. Mantan Kakordos STHM Kolonel Chk Purn Baruno A, S.H., dan Kakumdam V/ Braw (diwakili).

Reuni AHM XIII Tahun 2019 tidak hanya sekedar ajang temu kangen dan silaturahmi, tetapi juga ikut memikirkan almamaternya untuk ikut berperan memajukan kualitas lulusannya. Betapapun hanya sumbang sih yang tidak seberapa, namun semangat untuk ikut memiliki dan sebagai wujud kepedulian alumni AHM XIII kepada STHM, ada kesepakatan para alumni untuk ikut memikirkan keberadaan Laboratorium Hukum yang sudah menjadi sarana yang harus ada di lembaga pendidikan tinggi hukum.    (Admin)

 


TAG