Logo
images

Seminar Nasional Dalam Rangka Diesnatalis Fakultas Hukum Ke-17 UPN “Veteran” Jakarta

Seminar Nasional Dalam Rangka Diesnatalis Fakultas Hukum Ke-17 UPN “Veteran” Jakarta

Jakarta, sthmahmpthm.ac.id => Perwira Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Militer (Pamasis STHM) “AHM-PTHM” Ditkumad yang dipimpin Kolonel Chk H. Sambas, S.H., M.H., menghadiri acara Seminar Nasional dalam rangka Diesnatalis Fakultas Hukum ke-17 yang diselenggarakan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta, bertempat di Gedung Auditorium UPN “Veteran” Jakarta, Kamis (27/4).

Sebelum acara seminar dimulai, terlebih dahulu para peserta seminar menyanyikan lagu wajib “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan lagu “Mars Bela Negara” secara bersama-sama yang dipandu oleh pembawa acara. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Penyelenggara Seminar yang mana beliau menyampaikan bahwa acara ini terselenggara karena adanya permasalahan yang meresahkan masyarakat yaitu dengan adanya informasi yang berkembang saat diantaranya adanya penistaan agama dan atribut PKI yang sudah menyebarluas dikalangan masyarakat. Apabila hal ini tidak disikapi dengan baik, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu para mahasiswa perlu memiliki pemahaman yang menyeluruh agar dapat menyikapi dengan baik.

Sementara sambutan Ketua Dekan Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jakarta Ibu Dr. Miyami, S.H., M.Hum, berpesan kepada para peserta seminar agar dapat menyimak dengan baik apa yang akan disampaikan oleh para narasumber sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam hidup bermasyarakat dan dapat menyikapi perkembangan yang ada saat ini. Disamping itu, apabila ada hal-hal yang belum dipahami agar ditanyakan langsung kepada para narasumber karena acara ini diadakan untuk mencari solusi bagaimana agar tidak terjadi konflik dengan adanya informasi-informasi yang dapat meresahkan masyarakat.

Acara Seminar Nasional yang digelar oleh UPN “Veteran” Jakarta mengambil tema “Fungsi Hukum Dalam Bidang Pertahanan Keamanan dan Alat Bela Negara” dengan narasumber yang pertama Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo dan narasumber yang kedua Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kementerian Pertahanan (Kapusdiklat Kemhan) Kolonel Inf Sammy Ferrijan, S.Sos., M.Si dan di moderatori oleh Dr. M. Ali Zaidan, S.H., M.Hum serta dihadiri oleh para peserta dari berbagai universitas.

Dalam seminar ini, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo Gubernur Lemhannas menyampaikan fungsi hukum dalam bidang pertahanan keamanan dan sebagai alat bela negara diantaranya adalah bahwa fungsi pertahanan dengan pelaksana utama TNI pada dasarnya bermakna tugas perang untuk mempertahankan setiap jengkal wilayah nasional serta kedaulatan pemerintah dari serangan invasi militer musuh. Selain itu, TNI dapat digunakan membantu pemerintahan sipil dalam masa damai berdasarkan keputusan Presiden yang memberi perluasan kewenangan yang bersifat sementara dan terbatas.

Sementara Kapusdiklat Bela Negara Kolonel Inf Sammy menyampaikan bahwa aspek pertahanan negara dalam menghadapi bangkitnya faham komunis yaitu membina dan memelihara Sumber Daya Manusia (SDM) pertahanan yang dapat menangkal pengaruh paham komunisme. Selain itu, kita harus melakukan revolusi mental melalui pendidikan dan latihan Bela Negara yang terstandarisasi secara nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan dan implementasinya tidak hanya mengandalkan pendidikan dalam kampus akan tetapi juga ditopang oleh pendidikan dan pengawasan luar kampus (lingkungan dalam dan luar rumah).

Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang mana para peserta diberikan waktu untuk bertanya dan mengingat waktu yang diberikan cukup terbatas maka hanya ada beberapa peserta yang dapat memberikan pertanyaan kepada kedua narasumber diantaranya perwakilan dari pihak STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Kolonel Chk (Purn) Drs. Djamhari, S.H., M.H., Kolonel Chk H. Sambas, S.H., M.H., dan perwakilan dari Mahasiswa UPN “Veteran” atas nama Sandika dan Mahasiswi UPN “Veteran” atas nama Ardana. Semua pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta dapat terjawab dengan baik oleh kedua narasumber.

Acara Seminar diakhiri dengan foto bersama, pemberian cindera mata dan ramah tamah.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Rektor UPN, Dekan Fakultas Hukum UPN, Para Dosen Fakultas Hukum, Kolonel H. Sambas, S.H., M.H., Kapten Chk Ecep Sumiarsa, S.H., Ketua Senat Pamasis STHM Kapten Chk Brahma, Mahasiswa dan Mahasiswi UPN “Veteran” dan Perwakilan Pamasis Angkatan XX, XXI dan XXII. (Pamasis XXII/STHM).


TAG

Dipost Oleh TimAdminSTHM

Pamasis STHM XXII