Logo
images

Tradisi Pesta Air Untuk Melepas Alumni Pamasis STHM XX TA. 2018

Tradisi Pesta Air Untuk Melepas Alumni Pamasis STHM XX TA. 2018

Jakarta, www.sthmahmpthm.ac.idKetua Senat Perwira Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Militer (Tua Senat Pamasis STHM) Pamasis Ervan Thristianto menyelenggarakan Tradisi Pesta Air untuk melepas Alumni Sekolah Tinggi Hukum Militer Angkatan XX, TA. 2018, bertempat di lapangan upacara STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Jl. Matraman Raya No. 126 Jakarta Timur, Jum’at (28/9).

Sebelum pelaksanaan pesta air dimulai, terlebih dulu seluruh Pamasis STHM dan seluruh organik STHM melaksanakan senam Aerobik bersama yang dipandu oleh Instruktur dari Sanggar Melati Pondok Kopi dan dilanjutkan dengan upacara Tradisi Pesta Air yang dipimpin langsung oleh Pgs. Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer (Pgs.Tua STHM) “AHM-PTHM” Ditkumad Kolonel Chk Dr. Drs. I Made Kantikha, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Pgs.Tua STHM menyampaikan bahwa pada hari Rabu tanggal 26 September 2018 Pamasis STHM XX telah melaksanakan kegiatan penutupan pendidikan, maka status sebagai Pamasis STHM berubah menjadi Alumni STHM serta harus siap dalam menapaki kehidupan Korps Hukum TNI Angkatan Darat. Kegiatan perkuliahan selama 4 tahun telah para Alumni tempuh dengan baik dan memuaskan, karena saya yakin dan percaya bekal yang telah diberikan para dosen merupakan upaya maksimal guna memberikan segala pengetahuan yang berhubungan dengan ilmu hukum.

Lebih lanjut, Pgs. Tua STHM mengatakan keberhasilan proses kegiatan perkuliahan yang ditempuh para alumni STHM XX akan menjadi nyata setelah kalian dapat terapkan pada masing-masing tempat kedinasan yang baru. Peliharalah  ilmu yang telah kalian terima dan terus tingkatkan ilmu pengetahuan tentang hukum. Hal tersebut akan menjadikan para alumni sekalian menjadi perwira hukum yang professional dan handal dalam menghadapi persoalan hukum di lapangan.

Selain itu, Pgs. Tua STHM juga mengatakan bahwa Acara Tradisi Pesta Air yang dilaksanakan sekarang ini bukan merupakan tradisi baru di lingkungan Sekolah Tinggi Hukum Militer. Acara tradisi ini ditujukan untuk menumbuh kembangkan kecintaan para alumni kepada almamater dan sebagai wujud penghormatan dari Pamasis junior yang ditinggalkan, karena setelah kegiatan wisuda yang akan dilaksanakan nantinya para Alumni STHM XX akan mulai melaksanakan tugas sebagai perwira Korps Hukum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pgs. Tua STHM berpesan kepada alumni STHM XX, agar selalu tetap ingat akan almamater STHM, jaga serta harumkan selalu nama baik STHM dan Korps Hukum TNI AD. “Pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sebagai wujud untuk senantiasa menegakkan rasa keadilan yang merupakan salah satu bagian dari tujuan hukum”. “Imbuhnya”.

Diakhir sambutannya, Pgs. Tua STHM mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara, pendukung serta pelaku rangkaian kegiatan acara Tradisi Pesta Air Alumni STHM XX atas segala jerih payah dan kerja kerasnya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Akhir kata kepada Alumni STHM XX kami semua mendoakan agar di tempat tugas baru nantinya dapat berkiprah dan mengharumkan nama baik almamater Sekolah Tinggi Hukum Militer. “Saya bangga kepada kalian”, “Tambahnya”

Kemudian masuk pada acara inti yaitu “Tradisi Pesta Air” dimana Pgs. Tua STHM mengawali dengan menyiramkan air kembang kepada para Alumni STHM Angkatan XX. Air kembang ini, menurut filosofinya orang jawa dapat memberikan keharuman bagi orang yang disiram (dimandikan). Hal ini diharapkan kepada seluruh para Alumni STHM Angkatan XX dapat membawa nama harum Sekolah Tinggi Hukum Militer dimanapun para Alumni STHM Angkatan XX ditugaskan. Selain itu, Pesta Air ini juga bertujuan untuk membersihkan diri dari semua kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan Alumni STHM XX selama 4 (empat) tahun mengikuti perkuliahan di Sekolah Tinggi Hukum Militer.

Acara Tradisi Pesta Air ini berjalan cukup meriah dengan adanya dukungan dari Dinas Pemadam Kebakaran Sektor Jakarta Timur yang telah berpartisipasi menyiapkan satu unit mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas 10 ribu liter air untuk menyemprotkan air kepada para Alumni STHM XX.

Turut memeriahkan acara ini, Pgs. Tua STHM “AHM-PTHM”, Para Pejabat Golongan IV STHM, Ketua Tim Dosen, Komandan Satuan Pendidikan (Dansatdik), Para Kabag STHM, Para Komandan Satuan Siswa (Dansatsis) dan Pamasis STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Angkatan XX, XXI, XXII, XXIII dan XXIV. (Pamasis Dody Saputra XXIII/STHM “AHM-PTHM”)


TAG

Dipost Oleh TimAdminSTHM

Pamasis STHM XXII