Logo
images

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018

Jakarta, sthmahmpthm.ac.idPejabat Pengganti Sementara Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer (Pgs. Tua STHM) “AHM-PTHM” Ditkumad Kolonel Chk Dr. Drs. I Made Kantikha, S.H., M.H., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018, bertempat di lapangan Upacara STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Jl. Matraman Raya No. 126 Jakarta Timur, Senin (1/10).

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan di masing-masing Satuan Jajaran TNI, sementara di Sekolah Tinggi Hukum Militer pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin langsung oleh Pgs. Tua STHM, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dan bertindak selaku Komandan Upacara (Danup) Mayor Chk Manjulis, S.H. dan dilaksanakan secara sederhana, khidmat  dan tertib.

Perlu diketahui bagi para pembaca sekalian bahwa Hari Kesaktian Pancasila telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153/tahun 1967 dengan pertimbangan: Pertama, bahwa berkat kewaspadaan dan daya juang seluruh rakyat Indonesia pengkhianatan G 30 S/PKI yang akan menghancurkan Pancasila dapat ditumpas dan digagalkan. Kedua, bahwa 1 Oktober 1965 dengan demikian memiliki ciri dan corak khusus sebagai suatu hari untuk lebih mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa dan rakyat Indonesia. Ketiga, bahwa dipandang perlu meningkatkan Suatu Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat Nomor Ke 977/9/1966 tanggal 17 September 1966, dan Surat Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan/Keamanan Nomor Kep.B.134/1966 tanggal 29 September 1966 menjadi Keputusan Presiden yang menetapkan Hari 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Hadir dalam upacara ini, seluruh pejabat Staf STHM “AHM-PTHM” Ditkumad, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS STHM serta seluruh Pamasis STHM “AHM-PTHM” Ditkumad. (Pamasis Dody Saputra XXIII/STHM “AHM-PTHM”)


TAG

Dipost Oleh TimAdminSTHM

Pamasis STHM XXII