Logo
images

Putua III Bidang Kemahasiswaan STHM menghadiri Konfrensi Nasional dan Call for Papper Hukum Acara Perdata

Putua III Bidang Kemahasiswaan STHM menghadiri Konfrensi Nasional dan Call for Papper Hukum Acara Perdata

Putua III Bidang Kemahasiswaan Sekolah Tingggi Hukum Militer (STHM), Kolonel Chk Budi Sartono, S.H., M.H., mewakili Ketua STHM, Brigjen TNI Dr. M. Ali Ridho, S.H., M.Hum. pada Konfrensi Nasional dan Call for Papper Hukum Acara Perdata. Yang dilaksanakan di Hotel Gracia Jl. Letjen S. Parman No. 29 Gajah Mungkur Semarang, Jawa Tengah. Jakarta, (Senin, 18/9/2023)

Acara yang digelar selama 3 hari tersebut (12 s.d 14 September 2023), mengusung tema “Suatu Keniscayaan Segera Diudangkannya RUU Hukum Acara Perdata Dalam Rangka Menghadapi Tantangan Penegakan Hukum di Era Globalisasi yang Semakin Berkembang”. Acara yang dihadiri oleh 232 perwakilan dari Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta seluruh Indonesia tersebut menghadirkan para pembicara dari berbagai kalangan yang berkecimpung dalam dunia Hukum Perdata.

Sebagai Panitia dalam acara tersebut yaitu Asosiasi Dosen Hukum Acara Perdata (ADHAPER) bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES). Dalam sambutan Sambutan Ketua Umum ADHAPER, Prof. Dr. Efa Lalela Fakhirah, S.H., M.H. (Universitas Jember), menyampaikan bahwa setiap dosen hukum acara perdata ditutuntut untuk terus meningkatkan profesionalisme teoritis maupun praktis dalam menyingkapi perkembangan hukum acara perdata di era digitalisasi serta mendorong setiap insan dosen hukum acara perdata untuk lebih rajin menulis karya ilmiah yang dipublikasikan.

Munas ADHAPER merupakan forum tertinggi organisasi ADHAPER yang diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan jejaring para dosen hukum acara perdata baik PTN dan PTS/Kopertis seluruh Indonesia guna memberikan sumbangsih pemikiran serta merumuskan langkah konkrit dalam rangka pemberian rekomendasi perkembangan hukum acara perdata di Indonesia juga melaksanakan pertemuan ilmiah periodik yang menghasilkan publikasi ilmiah. Selain Munas ADHAPER juga diselenggarakan acara Lounching Book karya Prof. Dr. Herowati Poesoko, S.H., M.H. (Universitas Jember) berjudul “Perkembangan Hukum Acara Perdata di Indonesia”.

Setelah menghadiri Konfrensi Nasional dan Call for Papper Hukum Acara Perdata, para peserta diajak untuk mengunjungi objek wisata Kota Tua yang terletak di di Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki tampilan ikonik, khas bangunan zaman dulu sejak Mataram Islam dan VOC pada abad ke-17 yang tetap terjaga kelestariannya dan dipertahankan hingga saat ini. (Pen STHM)


TAG